|
1. Dosen Tetap Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, dari Februari 1993 sampai sekarang, dengan tugas tambahan:
i. Wakil Rektor II (Bidang Keuangan dan Pengelolaan Aset) Universitas Andalas 2024 hingga Sekarang ii. Wakil Rektor IV (Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama) Universitas Andalas, 3 Januari 2020 sampai 2023. iii. Anggota Senat Universitas Andalas, 2017-2021. iv. Sekretaris Senat Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, 2017- 2021. v. Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, November 2012 sampai November 2016. vi. Ketua Pusat Studi Keuangan dan Pembangunan (PSKP), Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Maret 2011 sampai November 2013. vii. Kepala Program Studi Magister Perencanaan Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Agustus 2011 sampai Maret 2013. viii. Direktur, Pusat Studi Keuangan Daerah (PSKD) Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Februari 2007 – Desember 2010.
2. System Analyst, PT Astra Graphia, Jakarta, Desember 1989 s.d. September 1992 (Selama di PT. Astra Graphia, memimpin proyek komputerisasi di berbagai perusahaan, antara lain paging system, accounting system, sistem asuransi dan sistem pelayanan rumah sakit).
Penugasan di Pemerintahan
1. Ekonom Kementrian Keuangan, Januari 2015 sampai Desember 2018. 2. Anggota Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Republik Indonesia, Sejak Maret 2012- Oktober 2014. 3. Wakil Ketua Tim Asistensi Menteri Keuangan Bidang Desentralisasi Fiskal (TADF), Kementrian Keuangan RI, 2007-2014.
Sebagai Tenaga Ahli di Lembaga Internasional
1. Senior Fiscal Policy Specialist, Program KOMPAK (funded by DFAT- Australia), memberikan policy advice bagi Kementrian Keuangan dan Bappenas, sejak tahun 2016 sampai Desember 2019. 2. Senior Advisor for Fiscal Decentralization Policy, World Bank of Jakarta, November 2018 sampai Juni 2019. 3. Senior Fiscal Policy Specialist for GIZ (Germany), dalam berbagai proyek di bidang Public Finance Analysis sejak 2011 sampai 2015. 4. Public Finance Specialist for ADB Project, Fiscal Transfers/Budget Proyek Local Government Finance and Governance Reform Program II), Desember 2009 – Maret 2011. 5. Senior Economist for DSF-World Bank, Decentralization Support Facilities (DSF), World Bank of Jakarta, Mai 2010 – Oktober 2011. 6. Public Finance Specialist, Untuk World Bank Project for Regional Civil Services Reform, September 2005 – May 2006.
Organisasi Profesi:
- Indonesian Regional Science Association (IRSA), https://irsa- indonesia.org/current-board-2014-now/ o anggota sejak 2008, o Secretary General of IRSA, periode 2013-2016 o Vice President of IRSA, 2017- hingga sekarang, - Anggota ISEI (Ikatan Sarjana Eko nomi Indonesia/ISEI) sejak 1997, Wakil Ketua ISEI Padang, 2012 hingga sekarang.
1. Doctor of Philosophy (Ph.D), di bidang Public Finance, Faculty of Social Sciences, Flinders University of South Australia, Februari 2002 – November 2005. 2. Master of Science (M.Soc.Sc), di bidang Development Finance, The University of Birmingham, England, Oktober 1995 - Oktober 1996 3. Sarjana Matematika, bidang keahlian Komputasi, Institut Teknologi Bandung (ITB), Agustus 1984 - Oktober 1989. 4. SMA Don Bosko Padang (1984) 5. SMP Negeri Salido, Pesisir Selatan (1981) 6. SD Negeri No. 1 Salido, Pesisir Selatan (1978)
Visiting dan Training
1. Visiting Fellow, di Australian National University (ANU), Canberra, Juli-Agustus 2018. 2. Trainig, Local Government Financial Management in Germany (2 minggu), dilaksanakan oleh GIZ, Jerman, Oktober 2013. 3. Training, Local Government Financial Management in Germany (2 minggu), dilaksanakan oleh INWENT, Jerman, May 2008. 4. Randomized Experiments in Research on Corruption (3 hari), dilaksanakan oleh The World Bank, KPK, CSIS, J-PAL, Jakarta 21-23 Maret 2007. 5. Training of Materials, Performance Based Budgeting (3 hari), dilakukan oleh LGSP-USAID, Bukittinggi 4-6 September 2006. 6. Training of Trainers, Local Government Financial Management (3 hari), dilakukan oleh Departemen Keuangan RI, Jakarta, Oktober 2005. 7. Internal Audit and Risk Management (2 weeks), dilakukan oleh Flinders Institute of Public Policy and Management, Adelaide, April 2003. 8. Local Government Management, dilakukan oleh Development Administration Group (DAG), School of Public Policy, The University of Birmingham, Januari-April 1996.
• Birmingham Chambers of Commerce Award, as the best of post graduate student in Development Finance, the University of Birmingham, 1996. • Dosen Teladan III Universitas Andalas Tahun 2001.
1. menyusun tujuan strategis dan kebijakan terkait bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset dalam rangka pencapaian visi dan misi UNAND sesuai rencana strategis Rektor;
2. menyusun rencana strategis di bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset bersama Wakil Rektor lainnya, Dekan dan Direktur Sekolah.
3. merumuskan program dan kegiatan sebagai penjabaran rencana strategis bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset dengan mengacu pada indikator kinerja Wakil Rektor II;
4. menyusun pedoman-pedoman yang diperlukan dalam penyelenggaraan urusan bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset;
5. menyusun indikator kinerja, dan instrumen pengukuran capaian kinerja di bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset;
6. mengoordinasi program dan kegiatan terkait bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset bersama Wakil Rektor lainnya, Dekan, dan Direktur Sekolah;
7. mengoordinasi dan melaksanakan sistem pengendalian internal di lingkungan UNAND;
8. mengoordinasi kemitraan dengan para pemangku kepentingan untuk mendukung kegiatan bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset;
9. menyusun surat keputusan dan edaran Rektor di bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset;
10. mengarahkan, mengawasi, mengendalikan, dan mengevaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dan perencanaan anggaran tahunan di bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset yang dilaksanakan oleh organ pengelola yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor II;
11. memastikan terlaksananya standar mutu di bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset, dan melakukan pengendalian pelaksanaan isi standar mutu;
12. melakukan pengendalian guna memastikan berjalannya pelayanan di bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset sesuai standar prosedur baku yang telah ditetapkan;
13. menyusun dan menyerahkan laporan berkala kegiatan umum, keuangan dan pengelolaan aset kepada Rektor; dan
14. menyusun laporan tahunan kegiatan bidang umum, keuangan dan pengelolaan aset dalam rangka pertanggungjawaban Rektor kepada MWA.
|